Senin, 13 Februari 2012

Mengubah file *.doc, *.docx ke *.odt,.. Online

Jadi begini, saya pernah mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan dokumen buatan microsoft word untuk dibaca di libre office kesayangan.  saya kebetulan sering berburu dokumen berbentuk file *.doc atau sejenisnya, namun ketika dibuka menggunakan libre-office, tampilan nya kok kadang jadi acak-acakan.

saya juga gak tahu kenapa ya, setelah saya cari-cari di internet untuk informasinya(barangkali ada cara untuk ngakali ini) ternyata memang seperti itu, file *.doc dari microsoft jika dibuka pakai libre kebanyakan jadinya acak-acakan. solusinya untuk masalah ini buat saya adalah dengan terlebih dahulu mengkonversi file *.doc/*.docx tadi kedalam format *.odt, format yang kompatible dengan viewer dokumen di linux.
pertama saya coba mengkonversi file dengan cara konvensional, yaitu dengan cara buka dokumen berextensi *.doc tadi di libre, kemudian saya save as dengan format *.odt..
dan,, taraaa !..
cuma ekstensi nya saja yang berubah, tampilan nya tetep acak-acakan. what a hell ...

tapi untuk masalah ini, sekarang saya biasa pake converter online yang ada di zoho.com ...online?,, ya, online,, kan judulnya online ==a
jadi kita harus konek dulu ke internet dan buka browser, mau gak mau.
begini,;
  • mula-mula kita ke viewer.zoho.com/converter dulu
  • kemudian pada bagian pilih berkas, cari berkas/dokumen yang ingin di-convert(dalam hal ini formatnya *.doc atau *.docx)
  • lalu pilih output formatnya ke ODT-Opendocument Text
  • klik convert


nah, ini adalah tampilan dokumen awal(format *.docx)




yang dibawah ini, adalah tampilan dokumen setelah di konversi menjadi *.odt





nampaknya saya lebih suka melihat tampilan dokumen yang dibawah ketimbang yang sebelumnya, anda juga?
oiya, setelah mengalami konversi, maka file *.odt biasanya akan membengkak size nya, sekitar 2 kali lipat dari size original dokumen awal.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar