Sabtu, 11 Agustus 2012

PhpMyAdmin di Ubuntu Tidak bisa diakses: "New XAMPP security concept", nih obatnya!

Tadi malam, karena sudah lama banget gak ngoding, akhirnya rindu untuk iseng-iseng bikin sesuatu(kemudian kalo bagus dijual).  Pemrograman web kemudian jadi pilihan, karena memang basic saya disitu, dan hobi juga disitu, apalagi hati saya jatuhnya kesitu.
Lalu untuk memenuhi hasrat saya tadi, lanjutlah, install segala macam yang berhubungan dengan apa yang saya butuhkan untuk coding web programming, mulai dari web-servernya, kemudian nanti sistem databasenya, Mysql,  dan  'mesin' Php-nya, tidak lupa framework engine macam Ci(Code Igniter) itu kan.  Jatuhlah pilihan untuk web-server ke Xampp, karena saya familiar sekali dengan 'benda' ini.



Berhubung saya pake linux, ubuntu, off course, the coolest Os ever,... 8),.. maka saya pun cari Xampp yang edisi linuxnya.  Dulu sih namanya Lampp, pertama kali saya kenal seperangkat web-server itu sebenarnya dicomblangi oleh dosen saya di kampus, sudah dulu sekaliiii... .  Tapi saya sendiri baru tahu sekarang Xampp edisi linux ini gak pake nama Lampp lagi, meski tetap sama saja isinya dengan yang versi jadul, sistemnya tetap pake nama Lampp ketika digunakan.

Sebenarnya, saya sudah punya backtrack 4r2 itu di HDD, cuma itu tool khusus buat saya untuk main-main jadi pen-tester, dan yang paling sering: ngambilin data anak-anak kampus yang lagi wifi-an!.  Di backtrack sendiri udah lengkap ada web-server nya juga, udah ada mysql juga, tools networking kan juga lengkap disitu.  Tapi lagi jatuh cinta sama ubuntu sabilly Al-quds ini, meski edisi lama tapi enteng buat dibawa-bawa.
Download Lampp(Xampp edisi linux,) di situsnya aslinya sana, http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html .  Bisa diunduh menggunakan downloader bawaan browser atau langsung lewat terminal dengan wget:

1
wget http://ncu.dl.sourceforge.net/project/xampp/BETAS/xampp-linux-1.8.0.tar.gz



Setelah file selesai diunduh(ini ukurannya 80-an Mb lho, ) masuk ke direktori tempat file disimpan tadi lewat terminal, atau kalau tadi downloadnya lewat terminal, maka langsung ubah privilage jadi root aja.
Kemudian ekstrak file tadi dengan perintah:


1
tar xvfz xampp-linux-1.8.0.tar.gz -C /opt


Nah, sampe sini udah selesai, Lampp udah diinstal ke sistem.  Kemudian saya test, saya nyalakan dulu kan pake command ini:

/opt/lampp/lampp start

dan, bisa!.
kemudian saya coba lagi masuk ke localhost sistem, lewat browser kesayangan para developer: Mozilla FF. bisa!
lalu saya test hampir semuanya udah terasa agak bener lah, nah, sampe di phpmyadmin, waktu dibuka kok gak bisa?, forbidden katanya.. ada apa gerangan?.  Disitu ada notifikasi kalo phpmyadmin hanya bisa diakses lewat local server, pikir saya karena mungkin komputer lagi nyambung ke internet, maka phpmyadmin gak mau jalan.  Akhirnya saya cabut modem, hasilnya?, tetap sama!.
kemudian saya buka phpmyadmin lewat Iron, sama aja, screenshotnya begini:


disitu notifikasinya begini:


New Xampp Security concept,
acces to the requested object is only available from the local network.
This setting can be configured in the file "httpd-xampp.conf"


Saya coba lagi running phpmyadmin dari alamat localhost/phpmyadmin, tetep sama.  Sempat kepikiran juga kalo Lampp nya emang lagi stress, lha wong sudah saya jalankan dari localhost kok tetep ada notifikasi disuruh akses lewat local server?, gila kan?.
Kemudian saya cari konfigurasi file httpd-xampp.conf nya di internet, tetap belum ketemu, padahal sudah susah payah pake bahasa Inggris!.
Wah, saya sampe hampir semaleman nyari problem solving masalah ini tapi tetap tidak ketemu, nasib..
Akhirnya setelah itu saya putuskan untuk ditinggal tidur sajalah, mungkin besok juga bener sendiri, pemikiran idiot saya mulai muncul itu, mana mungkin bisa bener sendiri?.

Meskipun akhirnya saya tinggal tidur, selepas sahur saya cari lagi dari halaman web indonesia, karena saya sudah hampir nyerah dengan situs-situs berbahasa inggris: sudah bacanya kebolak-bolak, njelimet, gak ketemu lagi!.  Setelah cari sana-sini, gak perlu waktu lama, sudah ketemu tuh bejibun keywords nya tentang problem solving masalah phpmyadmin karena implementasi konsep keamanan baru dari Xampp ini, dari halaman di Indonesia, atau setidaknya milik orang Indonesia.

Langsung buka di blog husnanlabs, tepatnya disini.  Voilaa...!!, ketemu juga akhirnya kan, Alhamdulillah...
Di blog husnanlabs ini banyak artikel yang sangat bermanfaat seputar dunia open-source, kereeenn.
Nah, disitu sebenarnya cuma tinggal hanya nambah sedikit command aja di selipan setting file httpd-xampp.conf nya yang terletak di folder /opt/lampp/etc/extra, sehingga kemudian saya buka aja gedit dengan 'kuasa' root, ketik ini di terminal:


1
sudo gedit /opt/lampp/etc/extra/httpd-xampp.conf


Lalu cari baris yang isinya kira-kira begini:


# since XAMPP 1.4.3

    AllowOverride AuthConfig Limit
    Order allow,deny
    Allow from all

Saya tambahkan command yang pendek ini di tengah-tengahnya;
Require all granted

Sehingga akan jadi seperti ini:

# since XAMPP 1.4.3

    AllowOverride AuthConfig Limit
    Require all granted
    Order allow,deny
    Allow from all

Lalu save, dan kemudian restart Lampp dengan command:

sudo /opt/lampp/lampp restart

Lalu running lagi phpmyadmin dari browser, kalo gak ada penyakit lagi, insya Allah phpMyAdmin bisa dijalankan, seperti punya saya.
Akhirnya semua berjalan normal dan hasrat ngoding saya jadi tambah menggebu-gebu macam pengantin baru.  Nah, berhubung sudah kelar urusan, maka saya pamit undur diri dulu, happy weekend,..dan selamat berpuasa!.

6 komentar:

  1. ada tmpilan lg access denied

    BalasHapus
    Balasan
    1. denied acces nya waktu dimana ya?, bisa kasih screenshot?

      Hapus
  2. gan kenapa muncul pesan kayak gini di phpmyadminx

    Fatal error: Call to undefined function __() in /opt/lampp/phpmyadmin/libraries/Config.class.php on line 755

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka file config.class.php nya, trus cari string di atas atau yang berisi string ini;

      die(__('Wrong permissions on configuration file, should not be world writable!'));

      ganti dengan ini;

      die(('Wrong permissions on configuration file, should not be world writable!'));

      lalu save, trus ke terminal, ketik ini ;

      cd /opt/lampp/phpmyadmin
      chmod o-rw config.inc.php

      Hapus
  3. gan saya mau tanya,, kenapa pas mau ke phpmyadmin muncul kya gini :

    phpMyAdmin - Error

    Wrong permissions on configuration file, should not be world writable!

    mohon solusinya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edit /phpmyadmin/libraries/Config.class.php
      cari string ini :
      $this->checkPermissions();
      ubah ke:
      //$this->checkPermissions();

      save

      Hapus