Sabtu, 07 Januari 2012

Ubuntu, the coolest distro I've ever had

Coolest?, yeah dude,.. setidaknya untuk ukuran netbook Axioo PICO DJJ 715(bener gak sih?) punya saya, dengan spek yang seminim mungkin, ternyata gak menghalangi saya untuk petentengan di tengah temen-temen yang bawa'an nya laptop kelas menengah ke atas macam compaq, acer, toshiba, bahkan ada yang sempat punya macbook.



bagaimana tidak?, lha wong spek netbook yang cuma punya prosessor intel Atom 1.6 Ghz, Ram 1 giga and Vga memori 128 mb (sebenere sih 64, tapi ga tau diapain sama mas joko sampe bisa ke 128 ini, gag ngerti gue mah ==" ),  bisa bikin temen-temen di kampus and di kantor melongo' saat liat saya main-main dengan efek compiz, waktu saya masih pake ubuntu 9.10 , kalo sekarang sih udah di upgrade ke natty, tapi pake Gnome-shell with Gnome 3.0 machine 



Pernah ada temen saya yang kepincut tampilan ubuntu yang open source dan free ini, ada beberapa sih, sempet minta Installin di laptop dan PC nya, tapi gak nyampe seminggu mereka gak betah dengan suasana linux nya, halah.  belum lagi masalah crash karena ga cocok dengan hardware, duuhh, aseli deh sampe seminggu-an itu di suruh bolak-balik rumah-kampus cuma ngeladenin user yang pening gara-gara linux yang satu ini.
memang, saya juga pada awalnya ngulik ubuntu ini sampe nyaris frustasi ya, apalagi dulu pas pertama kali ketemu yang namanya terminal, what the hell was that?.., semaleman sampe pagi, kadang-kadang liburan cuma habis di depan netbook buat ngefix sana-sini, tapi alhamdulillah jadi, walaupun dulu install nya masih dual-boot sama windows.


sekarang sudah gak ada lagi partisi windows di netbook saya, tapi sebagai gantinya, saya install dual-boot bareng backtrack 4R2 buat iseng-iseng kalo lagi badmood di kampus, (nah lho).
nah, soal aplikasi-aplikasi di dalam ubuntu nih yang banyak ditanyain sama rekan-rekan, banyak gak sih aplikasi yang bisa di install di ubuntu ini?, banyak.. sangat banyak malah, nyari aja di synaptic package manager disitu lebih dari 10 ribu(bener ya?) aplikasi bisa di install, and it's free!.
tapi, namanya juga keluarga linux, jadi sebagian besar memang aplikasi nya ditujukan ke user yang progammer, (wadepak?, yang bener ajegile lu yu), walaupun ada juga aplikasi-aplikasi lain macam office, design grafis, dan aplikasi-aplikasi berbasis entertaint lain nya, (fiuuuhh..kirain), but, yang terpenting dari semua itu adalah, ketika kita mencoba masuk kedalam dunia linux, maka jangan setengah-setengah atau pasti kita bakal crash di tengah jalan, seperti kebanyakan orang yang mula-mula euphoria dan menggembar-gemborkan linux, tapi kenyataan nya banyak pula yang tidak istiqomah, banyak yang akhirnya kembali ke windows dan benar-benar meninggalkan linux, karena, sebenarnya, tidak ada yang mudah di sini, di dunia ini.
oh iya, di natty ini, yang saya pakai sekarang, ada juga tampilan desktop yang disebut unity, nih saya kasih skrinsut. :p



saya milih distro ubuntu sebagai prime OS bukan tanpa alasan, meskipun saya akui banyak sekali kendala yang saya dapati di OS ini, tapi gak terlalu masalah buat saya, kan cuma dipake buat desain grafis, pake Q-cad untuk pengganti auto-cad, pake Gimp sebagai gantinya photoshop(tapi Gimp bener-bener cocok di saya), and many more lah.  nah, berhubung saya juga suka buat program berbasis PHP dan SQL, di linux ini bejibun dukungan nya, program developping disini banyak banget, open source tentu saja, ga ada program yang native macam VB atau semisalnya.  kalo di office nya sih, saya masih bisa tangani dengan libre-office atau open-office, meskipun dengan sedikit trik untuk fix sana-sini apalagi kalo dapet transferan dokumen dari windows. dan yang paling terpenting dari yang paling penting adalah, karena ini bersifat open-source dibawah lisensi GNU, maka saya gak perlu khawatir lagi gara-gara kebanyakan pake program bajakan.  gak cool coy kalo hari gini masih pake yang bajakan,B-) ....halah. 
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar