Rabu, 05 September 2012

U Comment, I follow.

Beberapa waktu lalu, saya pernah mampir di suatu blog yang berisi tentang SEO.  Pada salah satu artikelnya membahas tentang nofollow-dofollow dalam dunia blogging, terasa asing awalnya bagi saya pribadi.  Kemudian, apa sih maksudnya nofollow-dofollow itu?.

Nofollow atau dofollow sebenarnya berkaitan dengan bagaimana search-engine(Google, Yahoo, dsb) mengindeks statement link di dalam blog terutama di bagian komentar untuk dapat ter-crawl(terbaca-terdeteksi) kedalam database mereka.  Nofollow, adalah keadaan dimana suatu blog mematikan fitur follow, yaitu tidak menyediakan fasilitas backlink terhadap semua komentar yang ada di blog nya, artinya statement yang berisi link pada komentar blog tidak terbaca oleh database search engine.  Sedangkan dofollow adalah kebalikannya, yaitu keadaan suatu blog atau website yang mengijinkan tautan/link pada komentar di halaman mereka dapat terbaca oleh search engine.

Singkatnya, nofollow itu tidak mengijinkan link pada komentar pengunjung blog/website terbaca di search engine, sedangkan dofollow itu mengijinkan link pada komentar pengunjung blog terbaca di search engine.  Dan dofollow adalah tiadanya fitur "nofollow" pada suatu blog/website.

Keduanya tentu punya kerugian dan keuntungan masing-masing.  Misal pada blog yang secara default memiliki fitur nofollow, akan meminimalisir spam yang merajalela.  Sedangkan kerugiannya adalah mungkin traffic blog yang tidak terlalu banyak seperti pada blog-blog yang meniadakan fitur nofollow.

Kemudian pada blog yang mengaktifkan fitur dofollow, keuntungannya mungkin blog ini akan 'ramai' dikunjungi orang-orang karena para blogger terutama lebih senang menitipkan link nya pada blog dengan fitur dofollow, selain komentar bertambah, link yang mereka titipkan pun akan otomatis terindeks pada search engine database.  Kerugiannya, mungkin adalah resiko masuknya spam karena para spammer tentu lebih senang juga menitipkan link nya pada komentar di blog dofollow toh?.  Selain itu, dalam beberapa kasus juga mempengaruhi pagerank dengan resiko pagerank suatu blog atau website yang meniadakan nofollow nanti PR nya menjadi 0/PR0 atau terbanned dari search engine.

Nah, lalu apa hubungannya dengan "U comment I follow"?.  U comment I follow, atau akan kita singkat dengan UCIF ini adalah sebuah gerakan yang bermaksud meniadakan kode nofollow pada blog dengan tujuan sosial, karena akan lebih banyak lagi sobat readers ataupun bloggers yang mampir ke blog anda dengan meninggalkan komentar sambil menitipkan link mereka.

Cara untuk berpartisipasi dalam gerakan UCIF ini gampang saja, pastikan blog anda sudah meniadakan nofollow, apakah masih nofollow atau tidak?, caranya bisa lihat disini.  Jika blog masih dalam keadaan nofollow, tinggal hapus kode nofollow pada blog atau website anda, caranya bisa lihat disini.  Lalu pasang badge UCIF yang bisa anda dapatkan disini.

Dan blog yang ini pun sudah saya tiadakan fitur nofollow-nya, jadi bagi sobat readers dan bloggers yang ingin nitip link di komentar bisa, asal jangan spamming ya, karena akan dimoderasi juga.
Saya bukan seorang penggila traffic, tapi hanya seseorang yang ingin menulis, dan tulisannya terbaca.
U Comment, I follow!.

Happy blogging! \( ^o^)/



Referensi

 http://www.inlineseo.com/blog/2008/03/15/what-is-dofollow-what-is-nofollow-follow-along-and-see/
http://randaclay.com/blog/i-follow/

3 komentar:

  1. Hehe, saya masih newbie dalam dunia blogging jadi belum terlalu paham dengan do dan no. terimakasih sudah kasih backlink saya . salam kenal.

    BalasHapus
  2. Blog do follow memang menarik perhatian bagi pencari backlink, sehingga akan menaikkan trafik

    BalasHapus
  3. silahkan anda klik di atas disitu terdapat tips bisnis,informasi bisnis yang tentunya dapat anda manfaatkan untuk pengetahuan anda, trima kasih...:}

    BalasHapus